Tips Jika Ingin Liburan Gratis


Mulai saat ini, banyak orang di bumi yang hidup. Dimulai dari terciptanya Adam, Hawa sampai orang yang lahir saat penulisan artikel ini, jika dihitung mungkin tidak akan pernah terhitung. Maha Kuasanya Tuhan.

Di sisa waktu luang, baik itu pekerja kantor, tukang ojeg, tukang martabak, wakil rakyat, pengangguran, ataupun yang lainnya, biasanya mereka menyisipkan waktu untuk berlibur. Kenapa? Jenuh dan atau penat mungkin. Tapi itu masih perkiraan saya. Kamu juga boleh berkira-kira.

Tempat yang biasa dikunjungi untuk liburan salah satunya adalah kota Bandung untuk negara Indonesia. Ada Gunung Tangkuban Parahu, Trans Studio Bandung, Kebun Binatang, Museum Konferensi Asia Afrika dan sejenisnya. Tapi kalau kamu bilang ada Mesjid Raya Bandung, itu sih bukan tempat liburan. Sebenarnya itu tempat ibadah. Jadi, jangan liburan ke sana. Tapi kalu mau ya enggak apa-apa. Paling aneh saja, tempat ibadah malah dipakai tempat liburan.

Uang. Ini yang paling sensitif tentang masalah liburan atau masalah jajan cendol, meng-ojeg, mentraktir atau apapun juga. Banyak orang yang bilang bila tidak ada uang pastinya tidak bisa liburan. Itu tidak benar! Kenapa? Karena itu salah. Ada beberapa tips agar kamu bisa liburan gratis. Mau tahu? Jangan lah! Tapi enggak apa-apa saya kasih tahu saja. Berikut tips jika kamu ingin liburan gratis:

1.      Melihat Kaca Spion

Kamu tahu kaca spion? Ya, spion yang berkaca. Cara menggunakannya mudah sangat, tinggal dilihat saja. Yang saya rasakan ketika melihatnya, umpamanya saya sedang berada di Jalan Sayang menuju Cirengit, secara nyatanya jalan yang sedang saya lalui biasa-biasa saja. Setelah melihat kaca spion, coba apa jadinya? Sayang seperti daerah pedanauan. Saya seperti baru berkujung ke daerah tersebut. Indah. Dan Indah. Saya rasa saya sedang liburan. Tetapi tidak seindah liburan di Situ Patenggang juga, sih. Tapi enggak tahu juga, soalnya saya belum pernah ke sana.

  
Cara ini tidak terlalu mudah untuk dibayangkan. Tetapi sebaiknya kamu praktekan saja. Ini adalah cara yang sering saya lakukan ketika ingin liburan. Karena itu gratis.

2.      Membaca Do’a sebelum Tidur

Kamu tahu enggak bahwa di alam mimpi kamu bisa berlibur? Mungkin kamu juga pernah merasakannya. Kalau saya sih sering. Pernah liburan ke London salah satunya. Ya, itu mungkin hanya mimpi. Tapi yang pasti, mimpi tersebut adalah tentang liburan. Bahkan banyak orang yang bilang bahwa segala sesuatu itu berasal dari mimpi. Jadi sering-seringlah bermimpi.


Nah, agar kamu bisa bermimpi liburan dalam tidurmu perbanyaklah berdo’a. Tempat manapun yang ingin kamu kunjungi, sebutkan saja dalam do’amu. Dan itu adalah gratis.

3.      Berkhayal

Tips liburan gratis terakhir yang paling mudah ialah berkhayal. Saat ini juga ketika kamu membaca tulisan yang ditulis saya kamu bisa langsung berkhayal ketika berlibur. Sesukamu. Bisa berlibur ke Bandung, ke Bandung, ke Bandung atau ke Bandung lagi, itu terserah kamu. Meskipun itu hanya angan-angan, tetapi jangan dipandang sebelah mata, karena mata kamu mungkin punya dua. Jadi berkhayallah dengan kedua mata.


Agar lebih seru berkhayal, jangan lupa sambil makan coklat. Maksudnya saat kamu mengkhayalkan liburan, khayalkan juga bila kamu sedang makan coklat. Dan adalah gratis.


Bandung, 2 Februari 2016

Comments

Popular Posts